Cara Memperbaiki Mouse Yang Error

Cara Memperbaiki Mouse Yang Error
 Mouse merupakan bagian penting dari komputer. Dengan mouse, maka pengguna komputer bisa mengendalikan komputer lebih mudah. Pointer lebih mudah digerakkan dengan mouse. Pengoperasian juga lebih mudah. Meskipun tanpa mouse juga komputer masih bisa dioperasikan, tetapi dengan menggunakan mouse bisa mempermudah pengoperasian. Untuk laptop, kalau mouse rusak bisa menggunakan touchpad, alat yang fungsinya sama seperti mouse yang ada pada laptop, notebook, dan netbook.
Lalu bagaimana jika mouse mengalami kerusakan? Berikut ini adalah cara memperbaiki mouse yang error.
1. Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Salah satu masalah error mouse adalah mouse dapat terdeteksi oleh komputer. Ketika proses booting, komputer menampilkan pesan bahwa Windows tidak mendeteksi mouse yang terhubung ke komputer. Analisa pertama yang berkaitan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse yang tidak terpasang dengan baik. Untuk memperbaikinya, matikan dulu komputer untuk menghindari terjadinya konsleting listrik.
Setelah itu, periksa apakah kabel mouse sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika diperlukan, lepas dan pasangkan lagi mouse tersebut guna meyakinkan koneksinya. Sesudah itu, hidupkan lagi komputer. Jika masih muncul pesan error, lakukan analisa berikutnya. Analisa yang selanjutnya yaitu kemungkinan adanya kerusakan pada driver yang menghubungkan sistem dengan mouse. Oleh karena itu, perlu mendeteksi ulang driver secara otomatis dengan menggunakan Windows via Device Manager.
Langkah-langkah mengatasinya:
a. Klik kanan pada My Computer pada desktop Windows.
b. Pilih Properties => Hardware => Device Manager. Selanjutnya akan tampil kotak dialog.
c. Klik mouse dengan memakai keyboard dengan menggunakan tombol Tab.
d. Hapus drive mouse yang lama dengan menekan tombol Remove.
e. Selanjutnya, restart komputer.
Apabila sambungan dan driver mouse sudah benar namun mouse¬nya tak terdeteksi oleh Windows, ada kemungkinan terdapat kerusakan pada mouse. Atau coba dengan menggunakan mouse lainnya, apakah terjadi hal yang sama atau tidak. Jika masih sama seperti itu, artinya port PS/2 nya yang mengalami kerusakan.
2. Pointer mouse sering meloncat¬loncat
Masalah lainnya yang seringkali timbul yaitu pointer mouse yang meloncat¬loncat secara tak beraturan sehingga pengguna komputer sulit untuk mengendalikan mouse.
Langkah-langkah untuk mengatasinya:
a. Buka penutup bola mouse (mouse ball) pada bagian bawah dengan cara memutarnya hingga 90 derajat.
b. Keluarkan mouse ball lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat atau alkohol dan sikat dengan menggunakan kuas, kemudian keringkan.
c. Pada bagian dalam mouse bisa diamati terdapat tiga roda. Ada dua yang besar dan satu yang berukuran kecil. Kotoran yang melekat pada komponen tersebut perlu dibersihkan. Begitu juga dengan kotoran yang melekat pada bantalan bola dan gerigi. Bersihkan secara hati¬hati sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada komponen¬komponen yang ada di dalamnya.
Itu tadi adalah cara memperbaiki mouse yang error. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah switch

Cara memperbaiki terminal stop Kontak Cek menggunakan Avo meter /

Cara Memperbaiki Scroll Mouse/ Mouse Wheel Yang Rusak