Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Berikut ini langkah-langkah cara memasukkan harddisk eksternal:
  1. Langkah pertama cara memperbaiki harddisk eksternal yaitu, lakukan terlebih dahulu pengecekan dengan cara memasukkan harddisk eksternal ke port USB yang ada pada PC.
  2. Apabila harddisk eksternal sudah dikenali namun belum terlihat di Windows Explorer, maka tinggal tekan tombol “Windows+R” pada keyboard secara bersamaan dan ketika kotak dialog Query “Run” ditampilkan, ketiklah “diskmgmt.msc”. Proses ini dilakukan untuk membuka Disk Management. Lanjutkan dengan menekan enter untuk ke proses yang selanjutnya.
  3. Walaupun harddisk eksternal tidak bisa terbaca di Windows Explorer, namun biasanya jika membuka Disk Management maka harddisk tersebut akan terlihat.
  4. Pada Disk Management ini, sobat bisa melakukan format, mengatur ulang konten dari partisi, bahkan juga merubah nama drive yang sebelumnya tidak terdeteksi.
  5. Cara memperbaiki hdd eksternal yang berikutnya adalah dengan memasukkan harddisk ini ke dalam port USB yang berbeda. Jika setelah dipindah harddisk bisa terbaca pada Windows Explorer, maka ini menandakan bahwa yang bermasalah adalah port USB yang sebelumnya.
  6. Kemudian, cek drive manager dengan cara menekan tombol “Windows” pada keyboard dan tuliskan “device manager” pada kolom pencarian, lanjutkan dengan menekan enter.
  7. Lalu, langkah terakhir dari cara memperbaiki harddisk eksternal adalah search disk drive dan amati apakah ada tanda seru di sebelahnya, jika ada maka berarti masalah yang terjadi berkaitan dengan drive. Jika drive yang bermasalah, maka tinggal instal ulang driver USB.
Di atas merupakan salah satu cara memperbaiki hdd eksternal yang rusak karena tidak bisa terbaca pada PC. Cara yang dipakai untuk mengatasi masalah seperti ini ada banyak, salah satunya adalah dengan menggunakan Disk Management. Memperbaiki harddisk dengan cara ini sekaligus bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah kerusakan yang terjadi pada harddisk berkaitan dengan port ataupun drive.
Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca
Cara memperbaiki harddisk eksternal yang bermasalah ternyata tak sesulit yang dibayangkan, bukan? Jika setiap langkah yang telah Begawei paparkan di atas dipraktikkan dengan benar, maka harddisk yang sebelumnya tidak terbaca ketika dimasukkan ke dalam komputer akan bisa diperbaiki dengan mudah. Dengan begitu, sobat tak perlu khawatir lagi akan kehilangan file-file penting yang disimpan dalam harddisk tersebut. Sekian dulu informasi tentang cara memperbaiki harddisk eksternal yang bisa Begawei bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Menghapus Virus dengan CMD dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah switch

Cara Memperbaiki Mouse Yang Rusak

Fungsi dari Harddisk