Fungsi Server pada Komputer

Fungsi Server pada Komputer

Server pada komputer memang memiliki berbagai jenis dan juga berbagai manfaat yang berbeda-beda setiap jenisnya, namun pada umumnya, server pada komputer memiliki fungsi utama dan umum. Berikut ini adalah fungsi server pada komputer secara umum.
1. Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
Komputer klien yang sudah terhubung dengan komputer server dapat mengakses data yang ada di komputer server sesuai ijin dari komputer server. Mungkin tidak semua data bisa di akses komputer klien, karena untuk mengakses data ini juga perlu persetujuan dari komputer server.
2. Pusat sebuah jaringan komputer.
Komputer server berfungsi sebagai pusat sebuah jaringan komputer yang mana komputer server yang sudah terhubung dengan komputer klien mampu mengirimkan dan menerima sebuah data yang dibutuhkan.
3. Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data.
Komputer server juga menjadi perangkat yang bertanggungjawab untuk mengatur lalu lintas jaringan. Fungsi ini memudahkan komputer klien untuk tetap terhubung ke internet lewat proxy server.
4. Menjadi pusat data dan file dalam satu database.
Fungsi server pada komputer juga akan menjadi sebuah pusat penyimpanan data base berupa file, dokumen, foto, vodeo, audio, hingga aplikasi, yang bisa di akses oleh komputer klien yang sudah terhubung.
5. Mengatur hak akses jaringan komputer.
Komputer server juga mengatur dan memberikan hak akses kepada komputer klien yang terhubung. Server bisa memutuskan akses, memberikan akses, membatasi akses, hingga menambah akses komputer klien untuk mengambil data yang disimpan di data base komputer server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sejarah switch

Cara memperbaiki terminal stop Kontak Cek menggunakan Avo meter /

Cara Memperbaiki Scroll Mouse/ Mouse Wheel Yang Rusak